Bekas Juara Tinju Dunia Wafat

Bekas juara tinju kelas berat WBA Michael Dokes wafat di usia 54 tahun karena penyakit kanker liver. Dokes, yang memenangi titel kelas berat dengan mengalahkan Mike Weaver pada Desember 1982, meninggal pada Sabtu lalu di Akron, Ohio, Amerika Serikat.

Dokes pernah bertarung melawan Evander Holyfield, Donovan Ruddock, dan Riddick Bowe sepanjang 21 tahun kariernya. Petinju kelahiran Ohio ini sendiri memulai kariernya sebagai profesional pada 1976 silam.

Petinju yang memiliki julukan ‘Dinamit’ ini lantas menyabet gelar WBA enam tahun berselang dalam laga penuh kontroversi setelah wasit Joey Curtis menghentikan pertandingan di ronde pertama.

Rematch pun digelar dan Dokes tetap keluar sebagai pemenang. Namun, dalam laga melawan Gerrie Coetzee pada September 1983, Dokes kalah dan sejak itu tak pernah lagi meraih titel juara dunia.

Setelah prestasinya merosot, Dokes terjebak dalam ketergantungan heroin. Dokes bahkan pernah dipenjara pada periode 2000 hingga 2008 karena terbukti bersalah dalam percobaan pembunuhan, penculikan, dan kekerasan seksual terhadap kekasihnya sendiri.

http://sports.okezone.com/read/2012/08/15/41/677990/bekas-juara-tinju-dunia-wafat


Related Search