Coklat Batangan Tanpa Lemak

Ingin mencicipi cokelat rendah lemak? Ilmuwan mengganti hingga 50 persen lemak yang ada pada cokelat dengan sari buah.

Ahli kimia dari University of Warwick mengklaim cokelat batangan ini masih menarik bagi penggemar cokelat.

Mereka telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyempurnakan rasa cokelat itu, dan berkata rasanya bahkan seperti cokelat biasa.

"Semua orang suka cokelat. Sayangnya kita semua tahu banyak cokelat batangan yang berlemak tinggi. Tapi, lemaklah yang membuat cokelat memiliki sensasi yang memanjakan semua orang, tekstur yang lembut dan meleleh di mulut dan bunyi berderak ketika dipatahkan," kata Dr. Stefan Bon dari Departemen Kimia University of Warwick.

"Kami telah menemukan cara untuk mempertahankan hal-hal yang membuat cokelat terasa "cokelat, tapi dengan sari buah alih-alih lemak. Penelitian kami hanya pembuka menuju cokelat yang lebih sehat," katanya.

"Kami menaruh kimia dibalik teknik baru ini. Sekarang kami berharap industri makanan akan mengambil metode kami untuk membuat cokelat batangan yang enak dan rendah lemak," kata Bon.

Peneliti mengeluarkan banyak cocoa butter dan lemak susu yang ada di cokelat, menggantinya dengan setetes sari buah berdiameter 30 mikron.

Mereka memasukkan sari jeruk dan cranberry ke cokelat susu, dark chocolate, dan cokelat putih dengan emulsi Pickering.

Tim riset mengakui produk akhir mereka akan memiliki rasa buah, tapi masih ada pilihan untuk menggunakan air dan sejumlah kecil asam askorbat (vitamin C) alih-alih sari buah untuk mempertahankan rasa cokelat.

Tim riset sekarang berencana untuk membiarkan industri makanan menggunakan teknik mereka untuk menciptakan cokelat yang sehat.


http://berita.plasa.msn.com/teknologi/republika/ini-dia-coklat-batangan-tanpa-lemak



Related Search