10 berita Agama terheboh di Amerika Serikat tahun 2009

Pidato Presiden Obama kepada dunia Islam dinobatkan sebagai “Berita Tahun Ini” oleh para jurnalis berita keagamaan di Amerika Serikat yang tergabung dalam Religion Newswriter Association.

Pada  4 Juni 2009, ketika berpidato di Universitas Kairo, Obama mengutip kata-kata dari Al-Quran dan mengatakan bahwa Amerika “tidak akan pernah” berperang dengan Islam.

Sementra itu pemimpin Evanjelis, Rick Warren, yang doanya pada saat inaugurasi Obama disambut oleh protes kelompok-kelompok pendukung hak-hak gay, tahun ini dinobatkan sebagai “Religion Newsmaker of  The Year”.

Berikut daftar peringkat 10 besar berita keagamaan di AS.

1. Presiden Obama menjanjikan sebuah awal hubungan yang baru antara AS dan Muslim, yang disampaikannya pada pidato di Universitas Kairo.

2. Berita terkait reformasi sistem jaminan kesehatan AS, di mana para uskup dari gereja Katolik Roma meminta agar Kongres AS membatasi pendanaan bagi kegiatan aborsi.

3. Berita penembakan di markas Angkatan Darat terbesar AS, Fort Hood, yang melibatkan nama Mayor Nidal Hasan.

4. Dr. George Tiller yang dianggap sebagai dokter aborsi paling terkemuka di AS, ditembak mati ketika berada di gerejanya di Wichita, Kansas.

5. Kaum Mormon di California diserang pendukung gay, karena pada tahun 2008 mereka melakukan lobi-lobi untuk melarang pernikahan pasangan gay. Iowa, Vermont, dan New Hampshire telah melegalkan perkawinan sejenis. Namun, Maine menolaknya.

6. Presiden Obama berpidato dan mendapatkan gelar kehormatan dari Universitas Notre Dame, setelah Universitas Katolik Roma itu terlibat perdebatan atas pandangan Obama mengenai aborsi.

7. Gereja Lutheran Evanjelis di Amerika memilih untuk mentasbihkan rohaniwan gay dan lesbian yang melakoni hubungan monogami sejenis. Hal itu membuat gereja-gereja konservatif lainnya mengambil langkah-langkah untuk menghadapi dominasi baru di gereja.

8. Resesi ekonomi memaksa organisasi-organisasi keagamaan berhemat. Termasuk juga tempat-tempat ibadah, perguruan tinggi, seminari, penerbitan, dan organisasi kemanusiaan yang menyalurkan dana bantuan bencana.

9. Konvensi Umum Gereja Episcopal memilih untuk mengakhiri sebuah penundaan penempatan uskup-uskup gay, tanpa menghiraukan permintaan dari Uskup Agung Canterbury.

10. Acara inaugurasi Presiden Obama yang di dalamnya ada doa kontroversial oleh pastor Rick Warren dan veteran sipil Joseph Lowery, dan juga doa pra-upacara oleh uskup Gereja Episcopal yang seorang gay, V. Gene Robinson.

Satu hal yang menarik dari daftar 10 berita keagamaan terbesar di atas yaitu, gereja-gereja di Amerika terlihat semakin didominasi oleh rohaniwan yang bukan hanya pendukung, tapi juga pelaku dan penganut hubungan sejenis. Sebuah hubungan yang sangat dikutuk oleh agama-agama samawi.


http://achmadiswahyudilutvi.student.umm.ac.id/2010/02/06/ini-dia-10-berita-agama-terheboh-di-amerika-serikat-tahun-2009/



Related Search