Sumber Modal Bukan Cuma Bank

Modal (uang) seringkali menjadi kendala bagi calon wirausaha untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha. Di artikel ini saya akan sharing tentang berbagai sumber modal uang untuk mengembangkan usaha, bukan untuk yang baru akan memulai usaha. Banyak orang menggunakan bank untuk pinjaman modal uang dalam mengembangkan usaha. Namun, tentunya bank tidaklah akan meminjamkan uangnya tanpa agunan, kecuali produk KTA kredit tanpa agunan. Bagi yang memiliki jaminan rumah, tanah atau bangunan lainnya bisa meminjam di bank, namun bagi yang tidak,  tidak perlu bingung. Ada banyak sumber modal pinjaman uang lainnya. Berikut akan saya ceritakan di sini, dari apa yang saya baca, praktek, dan dari teman2 wirausaha.

Inilah beberapa sumber pinjaman modal uang untuk pengembangan usaha di luar bank :

1. Dana IMF (Dana Istri Mertua Family)

Ini sumber pinjaman modal usaha yang bisa diperoleh tanpa agunan, yang penting jaminan kepercayaan. Ya, ada beberapa teman yang menggunakan dana “IMF” ini. Yang penting pemirsa dipercaya dan mendapatkan kepercayaan. Tentunya ada persyaratan2 yang dibutuhkan, dan itu butuh komitmen dari pemirsa. Jangan mentang2 masih mertua, atau masih family, lantas seeenaknya meminjam tanpa mengembalikan. INi artinya pemirsa bukanlah suami yang baik, bukan menantu yang baik dan keluarga yang baik.

2. Dana DKK

Nah, ini juga bila selama ini dipercaya dan mendapatkan kepercayaan. Dana DKK (Dari Kawan-Kawan). Saya sendiri pernah menggunakan dana DKK ini untuk memulai usaha. Tanpa bunga. Namun jauh sebelumnya, bertahun saya menebar pupuk dan menjaga lahan persahabatan. Sehingga ketika usaha saya jatuh, saya tidak punya uang untuk memulai usaha, saya mendapatkan modal uang dari DKK ini, tanpa bunga. Namun, bukan berarti saya tidak kembalikan loch ya. Tetap dikembalikan. Ini salah satu sumber modal uang untuk pengembangan usaha ataupun juga untuk memulai usaha.

Nah, kalo tadi sumber modal uang untuk wirausaha yang versi saya, berikut versi yang saya baca dari artikel media :

1. PKBL

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan merupakan modal yang sumber dananya dari keuntungan BUMN. Beberapa BUMN mengadakan program ini untuk membantu UKM dalam pengembangan bisnisnya. Tentunya ada persyaratan2 yang harus dimiliki, seperti usaha minimal sudah berjalan 2 tahun dan mempunyai prospek bagus untuk berkembang.

2. Modal Ventura

Perusahaan-perusahaan ventura selain memberikan bantuan modal uang untuk pengembangan usaha, juga biasanya memberikan bantuan manajemen dan perluasan pemasaran.

3. Mitra Perusahaan Besar

Pilihan lain mendapatkan modal adalah menjadi mitra dari perusahaan besar.


http://universitasbisnis.com/cara-dapat-modal-usaha-sumber-modal-diluar-bank/



Related Search