Pemain Terbaik Eropa 2012, Messi, Ronaldo, atau Iniesta?

Teka-teki siapa yang akan terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa 2012 versi UEFA akan segera terjawab. Apakah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Andres Iniesta akan terjawab pada voting terakhir yang digelar di Monaco, Kamis (30/8/2012) besok.

Ketiga pemain mega bintang ini menjadi finalis sesuai dengan suara dari 53 jurnalis olahraga dari setiap negara yang menjadi anggota UEFA. Messi dan Ronaldo merupakan favorit utama, sedang Iniesta bisa menjadi kuda hitam.

Messi dan Iniesta sama-sama berasal dari klub Barcelona, Spanyol. Sedang Ronaldo membela klub rival, Real Madrid. Tak pelak, perebutan Pemain Terbaik Eropa 2012 inipun diwarnai persaingan El Clasico.

Dan, hasil akhir El Clasico di Piala Super Spanyol, Kamis (30/8/2012) dinihari, diyakini akan banyak berpengaruh pada hasil pemilihan. Siapa yang tampil gemilang dan sukses membawa timnya juara, berpeluang besar menjadi pemenang.

Pada leg pertama Piala Super Spanyol pekan lalu di Camp Nou yang dimenangi Barca 3-2, ketiga pemain sama-sama unjuk gigi. Messi dan Ronaldo masing-masing mencetak satu gol, sedang Iniesta membuat assist untuk gol Xavi dengan cara brilian.

Sepanjang musim 2011-2012, ketiga pemain masing-masing mencatatkan prestasi gemilang. Di samping juga tentunya ketiganya memang memiliki kualitas jempolan.

Messi mengukir namanya dalam sejarah sepakbola sebagai striker tersubur dengan torehan 73 gol di seluruh kompetisi musim lalu. Ia memenangi gelar el pichici (top skor) La Liga dan juga sepatu Emas Eropa dengan 50 gol, unggul empat gol dari Ronaldo.

Ia juga membawa Barca menjuarai Copa del Rey dengan mengalahkan Madrid. Paling gres, bintang asal Argentina itu mematahkan rekor gol yang sebelumnya dipegang oleh pemain legendaris Barca, Cesar Rodriguez.

Sedang Ronaldo menorehkan 66 gol di seluruh kompetisi. Prestasi istimewanya adalah mengantar Madrid memenangi gelar La Liga, mengakhiri dominasi Barca. Ia turut mencetak gol saat Madrid menang 2-1 di Camp Nou yang menjadi penentu juara.

Adapun Andres Iniesta, selain menjadi pilar utama Barca dan juara Copa del Rey, ia menikmati banyak kesuksesan bersama Timnas Spanyol. Iniesta membawa Tim Matador juara Euro 2012 dan terpilih sebagai pemain terbaik di ajang akbar empat tahunan tersebut.

Gelar pemain terbaik ini pertama kali diadakan UEFA tahun 2011. Pemain yang berhak masuk dalam nominasi adalah mereka yang bermain untuk klub di liga anggota UEFA tanpa memandang negara asal pemain.

Pemilihan pemain terbaik Eropa ini merupakan pengganti Ballon d'Or. Pergantian gelar ini diputuskan setelah FIFA menggabungkan gelar tersebut dengan Pemain Terbaik Dunia dan menjadi FIFA Ballon d'Or sejak 2010.

Tahun 2011, Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik mengalahkan Xavi dan CR7 yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Bagaimana tahun ini? Siapakah yang akan menjadi pemenang?

Mantan Kapten Barcelona, Gheorghe Popescu, yakin Messi masih menjadi pemain terbaik saat ini. Dia pun menganggap hanya fan fanatik Real Madrid yang menilai Ronaldo lebih baik ketimbang Messi.

"Jika disisihkan kesetiaan terhadap tim kesayangan, maka tidak mungkin ada yang bisa diperbandingkan di antara mereka (Messi dan Ronaldo). Ronaldo adalah pemain besar tapi tidak memiliki kualitas untuk menyaingi Messi," ungkapnya dikutip Soccerway.

Namun beda lagi penilaian dari Pelatih Madrid, Jose Mourinho. Menurutnya, Ronaldo lebih layak karena membantu timnya memenangkan gelar La Liga musim lalu. "Saya tidak berpikir bahwa seseorang akan memenangkannya tanpa memenangkan gelar penting selama satu musim. Bagaimana Messi dapat meraihnya jika dia tidak memenangkan gelar La Liga atau liga Champions?" ungkapnya.

Berikut komentar dari pihak netral, Jean-Pierre Papin, mantan striker Perancis yang pernah meraih gelar Pemain Terbaik Eropa 1991. Menurut Papin, Ronaldo lebih pantas mendapatkannya karena membawa Real Madrid juara La Liga musim lalu. "Cristiano Ronaldo lebih sukses pada tahun lalu (daripada Messi). Maka dari itu, saya pikir dia akan memenangkan Ballon d'Or," ungkap Papin kepada BeIN Sport.

Messi, Ronaldo, atau Iniesta? Suara 53 jurnalis Eropa yang hadir di Monaco yang akan menjadi penentu. Acara megah ini akan dirangkaikan dengan pengundian babak grup Liga Champions 2012-2013.

http://id.berita.yahoo.com/pemain-terbaik-eropa-2012-messi-ronaldo-atau-iniesta-212425655--sow.html;_ylt=AthxWcJwLsaWpboSBC40ISeSV8d_;_ylu=X3oDMTN0ZGFlbm9oBG1pdANUb3BTdG9yeSBPbGFocmFnYVNGBHBrZwNhYjM3NTMzNC03ZGRlLTM2YzEtYmE1Yy1iYTU0ZWVlMzkxYzgEcG9zAzEEc2VjA3RvcF9zdG9yeQR2ZXIDNDRhMGU3NzEtZjE1Ny0xMWUxLTllOGItYWQwMjM3NzhhNjQx;_ylg=X3oDMTFtNTVmYW9tBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdANvbGFocmFnYQRwdANzZWN0aW9ucw--;_ylv=3
Tribunnews.com



Related Search