Menhan Yaman Lolos dari Upaya Pembunuhan

Menteri Pertahanan Yaman berhasil selamat dari ancaman pembunuhan melalui bom mobil. Namun insiden ini justru menewaskan 13 orang lainnya, termasuk pengawal dan warga sipil yang kebetulan berada di lokasi kejadian.

Ancaman serangan yang ditujukan kepada Mayor Jenderal Muhammad Nasir ini, terjadi di dekat kantor pemerintah di Sanaa. Polisi yang berada di lokasi kejadian, memastikan serangan itu merupakan bentuk serangan bom mobil. Demikian diberitakan BBC, Selasa (11/9/2012).

Pengeboman ini berlangsung sehari setelah orang terkuat kedua di Al Qaeda Yaman (AQAP), dilaporkan tewas dalam serangan di wilayah timur Yaman. Kematian dari Abu Yahya al-Libi ini sepertinya mengundang kemarahan dari AQAP.

Mayjen Nasir dikabarkan lolos tanpa terluka dalam insiden ini. Tetapi delapan pengawalnya dilaporkan tewas, sedangkan lima korban tewas lainnya adalah warga setempat.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut. Namun pihak berwenang Yaman amat yakin bahwa AQAP berada di balik serangan tersebut.

Kelompok AQAP adalah kepanjangan tangan dari kelompok Al Qaeda di wilayah Semenanjung Arab. Kelompok yang dibentuk pada 2009 ini, merupakan gabungan dari cabang Al Qaeda di Yaman dan Arab Saudi.

http://international.okezone.com/read/2012/09/11/412/688417/menhan-yaman-lolos-dari-upaya-pembunuhan



Related Search