Pembentukan Negara Palestina Merdeka

Palestina terus berusaha untuk membentuk Negara Palestina Merdeka. Berbagai cara terus mereka tempuh, tetapi hasilnya saat ini masih belum sesuai harapan. Menurut beberapa pihak kesulitan Palestina dipicu oleh sikap Israel yang tidak mau berbagi.

Amerika Serikat (AS) sebenarnya sudah mendesak Israel untuk menyetujui batas wilayah sebelum perang 1967. Batas wilayah itu menyebutkan wilayah Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza, merupakan bagian dari wilayah Palestina. Tetapi Negara Yahudi tersebut enggan mengakuinya. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (22/8/2012).

Proses kemerdekaan Palestina sebenarnya sudah direkomendasikan sejak satu tahun lalu. Pada sidang umum PBB 19 September 2012 nanti akan dibahas kemerdekaan bagi Palestina yang sudah diajukan. Tetapi dikhawatirkan, pembahasan ini akan dipenuhi jegalan dari Israel. Terlebih lagi dengan kuatnya lobi yang dimiliki Israel di PBB.

Selain permasalahan dengan Israel, ada hal lain yang perlu diperhatikan Palestina untuk merdeka. Belakangan ini, Otoritas Palestina juga menghadapi krisis finansial yang cukup serius dan dinyatakan sebagai krisis terburuk.

Utang Palestina juga mencapai miliaran dolar AS. Meskipun Kerajaan Arab Saudi sudah berjanji akan memberikan donasi sebesar USD100 juta atau sekira Rp94 miliar ke Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, tetap saja Palestina harus berupaya keras agar roda perekonomiannya berjalan.

Bank Dunia juga melaporkan, ketika Otoritas Palestina memutuskan untuk membangun institusi-institusi untuk masa depan negaranya, mereka justru mengalami kemunduran dalam perkembangan ekonomi. Kebijakan keamanan Israel juga terus menghalangi investasi di Palestina dan Palestina tidak bisa bertahan hanya dengan bantuan kemanusiaan.

Dialog untuk mengakhiri pendudukan Israel dan membangun Negara Palestina merdeka di Tepi Barat dan Jalur Gaza sudah berjalan, namun permasalahan pun tetap muncul. Hal itu disebabkan oleh proyek pembangunan pemukiman yang dilakukan Negeri Yahudi di wilayah Palestina.

Bank Dunia turut menyarankan agar Palestina berusaha meniru negara-negara Asia dalam mengembangkan perekonomiannya. Palestina juga harus menaruh perhatiannya ke seluruh wilayahnya untuk pembangunan negara.

http://international.okezone.com/read/2012/08/17/412/679371/pembentukan-negara-palestina-merdeka



Related Search