Tips membersihkan alat dapur

Membuat talenan dari  bahan kayu agar bertahan lama dan terbebas dari sisa-sisa potongan daging atau sayuran, maka oleskan dengan beberapa tetes minyak.
Membuat perlatan baru yang terbuat dari kayu agar tidak mudah kotor, maka rendamlah semalam sebelum digunakan dengan air yang telah diberi cuka putih.
Saringan yang terbuat dari  bahan metal akan cepat mengering dengan cara memanaskannya ke dalam oven selama 2 menit. Gunakan sarung tangan untuk mengambilnya.
Pakailah amplas atau alat pengasah supaya gunting dan pisau tetap terjaga ketajamannya, kalau utuk lebih ampuh gunakan batu apong.
Rebus air yang sudah dibubuhi cuka hingga mendidih di penggorengan yang akan digunakan. Hal  seoerti ini berguna untuk mencegah makanan menjadi lengket saat proses penggorengan.
Untuk mengecek timbangan akurat atau sudah tidak, timbanglah beberapa macam jenis benda yang sudah pasti bobotnya. gunakan barang yang sudah dipak contohnya margarin, keju, dan gula. Umumnya, di kemasan tertera  jelas, bobot bersih barang tersebut.
Bersihkan peralatan makan yang terbuat dari plastik dengan merendamnya di dalam air yang dicampur baking soda kurang lebih 10 menit. Sesudah itu, bilaslah dengan air bersih.
Untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari aluminium yang telah menjadi hitam, rebuslah beberapa liter air , tambahkan dengan 2 sendok makan crim tartar. taruh pada rebusan  selama 10 menit setelah itu gosok.
Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok perlahan-lahan. Minyak atau lemak akan mudah di hilangkan. Tepung bisa meresap minyak dan mencegah agar tidak menjalar ke mana-mana. hindari penggunaan kain,serbet dan kertas untuk membersihkan.
Membersihkan parutan keju yang masih menempel diparutan. ambil sebuah kentang dan mulailah memarutnya dibekas parutan keju, keju yang ada di lubang parutan akan ikut kentang.
Untuk membersihkan perabot dari plastik yang bernoda, rendam dalam satu panci air hangat yang telah dicampur dengan 1 mangkuk pemutih. Diamkan selama 20 menit, sesudah itu ambil dan cucilah sampai bersih. Langkah terakhir, cuci seperti biasa menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat

http://food.dalamberita.com/20120323/tips-membersihkan-alat-dapur/



Related Search